7 Tips Menghindari Serangan Lintah di Alam Bebas

Cara Menghindari Serangan Lintah. Ketika berada di alam liar khususnya hutan, tak jarang kita akan digigit lintah yang tentu menjadi momok menjengkelkan dan menjijikkan. Hewan penghisap darah ini memang tampak lambat tapi anda akan cukup lambat juga untuk menyadari bahwa lintah sudah menggigit anda. Lintah bisa melekat ke sepatu, celana, tas ransel, pakaian, hingga akhirnya menyusup untuk menghisap darah anda.
Lintah
Ada 2 jenis lintah di hutan hujan yaitu lintah harimau dan lintah coklat. Lintah Harimau bisa memperpanjang tubuhnya lebih dari 6 cm dan gigitannya sangat menyakitkan. Sedangkan lintah coklat hanya sekitar 2 cm dan gigitannya mungkin tidak terasa Karen adanya bahan kimia anestesi di air liurnya.
Lintah Harimau dan Lintah Coklat
Mungkin sebagian para penggiat alam tidak pernah tau dimana lintah hidup dan bersarang, atau di bagian mana lintah akan menyerang. Berikut adalah fakta dari lintah :

  1. Lintah hidup di daerah lembab dan basah dan aktif setelah hujan.
  2. Daerah yang memiliki satwa liar cenderung memiliki lebih banyak lintah.
  3. Selain di tanah, lintah juga bersembunyi di daun dan ranting semak rendah.
  4. Lintah hidup melimpah di dataran rendah. Namun di musim kemarau, mungkin tidak akan terlihat lintah di hutan.
  5. Lintah sensitif terhadap panas tubuh dan getaran. Ketika mendaki gunung, orang pertama yang lewat akan membangunkan lintah sehingga membuatnya aktif untuk mencari pendatang berikutnya, untuk itulah yang berjalan semakin di belakang kadang memiliki kesempatan untuk digigit lintah. Namun, orang yang pertama tidak lolos semudah itu karena kadang, orang pertama dalam barisan akan berhenti untuk menunggu yang dibelakangnya sehingga memberi lintah kesempatan lintah untuk merayapi tubuhnya.
  6. Lintah itu buta dan suka menggigit daerah yang lebih hangat (daerah kulit tipis) seperti ketiak, kulit di antara jari kaki dna pantat.
  7. Lintah hanya bisa merangkak dan tidak bisa melompat dan jika bagian tubuhnya dipotong, lintah akan menjadi pucat, kemudian mati.
  8. Waspadalah mencuci muka pada aliran air di hutan. Jika lintah berhasil masuk ke hidung, dia akan hidup permanen.
Lintah memang merupakan hewan yang menjijikkan bagi sebagian orang. Berikut adalah tips untuk menghindari lintah ketika berada di alam liar.

1. Gunakan kaus kaki lintah

Lintah menyukai tempat yang hangat dan basah seperti jari kaki dan kaki. Kaos kaki lintah akan melindungi jari kaki anda. Kaus kaki ini akan mencegah lintan masuk ke kaki dan jari kaki karena antara pergelangan kaki dan lutut akan terikat rapat. Kebanyakan warnanya adalah putih sehingga anda bisa tau ketika lintah mulai merangkak naik. Anda bisa juga menggunakan gaiters (pelindung kaki)

2. Tembakau

Bau tembakau bisa memabukkan lintah dalam beberapa waktu. Anda bisa merendam kaus kaki dalam air tembakau dan memakainya ketika kering. Bisa juga dengan membasahi tembakau dan mengikat nya di sekitar pergelangan kaki.
Tembakau

3. Stoking (pantyhose)

Beberapa ilmuwan pernah menggunakan hal ini ketika melakukan penelitian di alam bebas. Stoking yang sering dipakai wanita ini memang cukup ampuh untuk menghalau gigitan lintah.

4. Semprotan serangga

Anda bisa menyemprotkan semprotan pengusir serangga pada sepatu atau kaus kaki. Bau yang menyengat tidak disukai lintah dan bisa membuatnya mati seketika ketika menyentuh sepatu anda.

5. Garam

Ketika lintah sudah menghisap darah, berikan garam ke lintah dan lintah akan segera drop off. Setelah itu oleskan garam atau air garam di daerah terkena gigitan lintah.

6. Masukkan baju ke dalam celana

Hal ini akan mencegah lintah merangkat ke perut, ketiak dan dimana saja. Menutupi diri dengan baik akan mencegah lintah merayapi tubuh anda. Masukan juga celana ke dalam sepatu lalu lindungi dengan gaiters(pelindung kaki).

7. Terus berjalan dan tidak bersandar pada apapun

Jika perlu beristirahat, carilah tempat dengan sinar matahari langsung karena lintah tidak ada di tempat kering dan panas.
Lintah pada Daun

Lalu jika lintah terlanjur menggigit, apa yang harus dilakukan?
  1. Jangan menariknya dengan paksa. Gunakan garam, minyak tembakau, minyak kayu putih, buah jeruk nipis, balsem atau minyak urut. Hal ini akan membuatnya mengerut dan drop.
  2. Gunakan kuku anda dengan lembut ke mulut lintah untuk melepasnya dari kulit.
  3. Gigitan lintah akan menyebabkan berdarah sekitar satu jam hingga akhirnya berhenti. Tempelkan potongan kertas ke luka untuk mempercepat pembekuan darah dan jagalah untuk tetap kering. Ini akan gatal namun jangan menggaruknya.

Itu adalah beberapa hal tentang lintah yang harus diketahui oleh para penggiat alam bebas. Lintah mungkin kecil, tapi tubuhnya bisa dua kali lebih besar ketika mulai menghisap darah anda, jadi selalu lindungi tubuh anda dari lintah. Selamat Berpetualang !

Share :

Facebook Twitter Google+

1 Response to "7 Tips Menghindari Serangan Lintah di Alam Bebas"

  1. Gua paling jijik sama lintaahh... pas naik ke gunung slamet temen temen banyak yang kena gigitan lintahh..

    ReplyDelete